Rabu, 17 Juli 2024

APTISI MENYELENGGARAKAN PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH UNTUK PUBLIKASI JURNAL INTERNASIONAL TERINDEKS SCOPUS DAN NASIONAL TERINDEKS SINTA


Bertempat di Garaika Convention Hall, STIE Trisna Negara, Belitang, Kabupaten Oku Timur, Senin, 27 Februari 2023, APTISI Wilayah II A telah melangsungkan Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Publikasi Jurnal Internasional Terindeks Scopus dan Nasional Terindeks Sinta, acara pelatihan ini merupakan implementasi dari program kerja APTISI II A bidang jurnal dan publikasi ilmiah. 


Dalam rangka meningkatkan kualitas publikasi dosen Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Wilayah II-A Sumatera Selatan, Bangka Belitung, melaksanakan kegiatan Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Publikasi Jurnal Internasional Terindeks SCOPUS dan Nasional Terindeks SINTA. Pelatihan ini diselenggarakan Senin (27/2/2023) di Kampus STIE Trisna Negara Belitang Oku Timur 


Ketua APTISI Wilayah II-A Sumsel dan Babel DR. Drs. H. Muhamad Helmi, M.S, saat pembukaan Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah mengatakan, APTISI Wilayah II-A Sumsel dan Babel terdiri dari 19 bidang, masing-masing bidang mempunyai program kerja yang sangat bermanfaat untuk dunia pendidikan. Program kerja pertama yang terealisasi yakni dari Bidang Jurnal Ilmiah dan Publikasi Ilmiah. H. M. Helmi mengapresiasi program kerja yang terlaksana diawal tahun 2023. Dikatakannya, Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Publikasi Jurnal Internasional Terindeks Scopus dan Nasional Terindeks SINTA  sangat penting bagi para dosen baik dalam rangka mengurus kenaikan jenjang akademik dari Lektor ke Lektor Kepala dan dari Lektor Kepala ke Guru Besar (Profesor). 


Disamping itu, Pelatihan ini juga penting dalam rangka memenuhi laporan beban kerja dosen, bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dosen dalam menulis artikel ilmiah kedalam jurnal-jurnal ilmiah yang terakreditasi/ternama atau terindeks baik pada lembaga pengindeks jurnal nasional seperti SINTA maupun internasional seperti SCOPUS maupun Web of Science (WoS).


Sementara itu, Ketua Panitia sekaligus Wakil Ketua APTISI Wilayah II-A Sumsel Babel Bidang Jurnal Ilmiah dan Publikasi Ilmiah Sekaligus Ketua STIE Trisna Negara Prof. DR. Hj. Helisia MGH Garaika, S.H.,S.E.,M.M dalam keterangannya mengatakan, tujuan pelatihan memberikan pelatihan kepada para dosen utk membuat artikel ilmiah dan mempublisnya ke dalam jurnal Internasional terindeks Scopus dan jurnal Nasional yg terindeks Sinta. Lebih lanjut dikatakannya, karena artikel ilmiah tersebut akan diperiksa, dinilai oleh reviewer jadi secara holistik artikel diperiksa apakah terbit pada publisher bidang ilmu, apakah publisher tidak terindek pada beal's list ( jurnal predator ) dan diperiksa juga plagiarismenya.  Kegunaan artikel itu selain merupakan syarat utk kenaikan jenjang akademik, juga digunakan utk pengisian BKD maupun SKP para dosen. 


Dalam kegiatan ini pihaknya menghadirkan narasumber yang berkompeten dan sudah berpengalaman di bidangnya masing masing yakni Ketua APTIKOM Sumsel dan juga Dosen Universitas Indo Global Mandiri (UIGM) Darius Antoni, S.Kom, M.M, Ph.D. dengan materi Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Publikasi Jurnal Internasional Terindeks Scopus, memaparkan trik penulisan karya ilmiah yang  bereputasi atau terindeks Scopus yakni pertama tema penelitian yang ada dikarya ilmiah harus menarik dan unik, menarik bearti harus membuat konten dan isu lokal yang tidak ada kota dan negara lain. Kedua setiap penelitian harus membahas isu atau masalah dan dapat menyelesaikan dengan menggunakan teori yang ada atau mengembangkan teori yang ada utk menyelesaikan isu atau masalah tadi.   Selanjutnya, Literature review atau tinjauan pustakan wajib dilakukan utk mengembangkan teori dalam menyelesaikan masalah yang ada.  Format penulisan artikel ilmiah harus disesuaikan dgn template jurnal yang ditujuh dan dalam keadaan rapi. Dan memperhatikan norma-norma penulisan yang baik dan benar. Dan yang terakhir,  Riset Metodologi juga wajib disesuaikan dengan isu dan masalah yang ada pada penelitian sehingga kita paham data apa saja yang diambil dilapangan utk menjawab isu tersebut.


Selain itu, hadir juga DR Febrianty, SE.,M.Si dari Institute Teknologi dan Bisnis PalComTech dengan materi Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Publikasi Jurnal Nasional Terindeks SINTA. Peserta yang hadir sebanyak 120 orang, 60 diantaranya hadir secara luring dan 80 lainnya hadir secara daring.